Skip to content

Golput Karena Keadaan, Bukan Pilihan!

April 10, 2009

Pemilu legislative yang diselenggarakan oleh KPU pada 9 april 2009 ini sangat dinanti nanti oleh segenap warga negara untuk merubah “nasib” dengan melakukan pemilihan wakilnya untuk menjadi anggota DPR, DPRD dan juga DPP. Sudah dari malam tanggal 8 April 2009 segenap masyarakat baik yang diberi amanah untuk menjadi panitia pencontrengan esok hari maupun warga sipil lainnya bekerjasama membuat TPS untuk digunakan besok. Salah satunya TPS yang dibuat tepat didepan rumah tempat saya tinggal. Sudah dari malam tanggal 7 april 2009 bahkan. Begitunya masyarakat mendambakan pesta demokrasi yang diselenggarakan tiap lima tahun ini.

Dalam semangat dan gempita suasana pesta demokrasi ini pasti diantara kita ada kebingungan dan kebimbangan dalam menentukan siapa yang akan dijadikan sebagai wakil kita di kursi legislative bukan? Hal ini dikarenakan banyaknya partai peserta pemilu serta wakil/calon legislative yang diusung oleh partai tersebut. Bahkan ada kelompok masyarakat yang apatis dalam pelaksanaan pemilu tahun ini dengan melakukan GOLPUT dengan cara tidak melakukan pencontrengan atau melakukan pemilihan yang tidak sah.

Kalau kita perhatikan lebih cermat, fenomena golput ini dapat terjadi oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut:

  • Ketidakpercayaan masyarakat akan wakil anggota legislative yang akan dipilih nanti.
  • Kesalahan teknis dalam pelaksanaan pencontrengan (dikarenakan ketidaktahuan tata cara pelaksaan pemilihan)
  • Tidak terdaftarnya konsituen (pemilih) pada DPT manapun
  • Tidak bisa mengikuti pemilihan pada hari H karena ada urusan dan kepentingan lain.
  • Sengaja tidak ikut memilih karena menganggap tidak penting dan tidak ada manfaatnya.

Memang banyak sekali hal yang menyebabkan seseorang untuk melakukan tindakan GOLPUT ini. Bahkan salah seorang tokoh negarawan yang juga pernah menjadi presiden dinegara ini melakukan anjuran dan mengajak kepada simpatisannya untuk golput. Ada juga perorangan dan juga organisasi yang melakukan ajakan serupa. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah dengan melakukan golput akan merubah keadaan? Dan apa dampak bagi yang melakukannya?

Sebenarnya banyak pihak yang dirugikan dengan adanya para pemilih golput ini, bukan hanya kepada masyarakat dan negara tapi juga kepada orang yang melakukan aksi golput itu sendiri. Bagaimana tidak? Suara yang seharusnya dapat disalurkan dalam pemilihan untuk memilih anggota legislative akan terkurangi dan suara ini akan sangat mempengaruhi tidak untuk saat ini saja tapi untuk lima tahun mendatang. Bayangkan bila suara ini dapat diaspirasikan kepada calon legislative yang memang credible dan membela kepentingan rakyat (membela dengan arti yang sesungguhnya) hilang karena golput maka hilang pula harapan itu. Hal ini juga akan sama nanti pada pemilihan presiden para 8 juli 2009.

Memang saya tahu pentingnya pencontrengan kali ini, tapi dengan kesedihan yang mendalam saya harus GOLPUT juga hari ini :(. Kok bisa begitu? Hal ini dikarenakan masa transisi saya dalam perpindahan domisili dimana saya sudah tidak ditempat lama tapi belum terdaftar di tempat yang baru. Urus diurus pak RT juga tidak banyak membantu dan tidak punya solusi juga akhirnya saya harus terima untuk menjadi GOLPUT. Jadi kalau dalam lima tahun kedepan para anggota legislative itu tidak mejalankan amanah yang diembannya atau melakukan hal yang merugikan rakyat saya tidak bisa protes. Kok begitu? Lha wong anda tidak memilih pemimpin saat pemilu kemarin kenapa anda protes?hehehe…

Makanya jangan sia-siakan kesempatan kali ini untuk memilih wakil di legislative agar nanti kita bisa mengawasi orang yang kita pilih. kita… anda kaleee… saya kan gak ikut nyontreng hehehe…

(sambil mendengarkan violin romance karya Beethoven)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: